Secangkir kopi menemani pagi ini, dan saya pun mulai mengetikkan beberapa kode untuk membuat program. Tak pernah terpikir sebelumnya saya akan menjadi programmer, pun tak pernah ada rencana untuk kembali melanjutkan pendidikan saya di jurusan teknik informatika. It just happenned...

Dan karena hal itu juga, seringkali kesulitan dalam menyerap ilmu di setiap perkuliahan, malas-malasan di waktu belajar dan sering mengeluhkan banyak hal. Lupa pelajaran yang dulu sudah dikuasai memaksa harus belajar lagi dari awal. It’s quite difficult at the beginning, but somehow... semuanya dapat dilalui dengan baik.

Mungkin pernah ada yang bertanya (pada dirinya sendiri ataupun orang lain),

“Pernah ga sih kamu ngerasa salah masuk jurusan?”

Saya pernah dengar itu beberapa kali dari temen yang cerita masalah ini. Mendengar cerita mereka, di mulai dari kesulitan mereka di saat perkuliahan, sulitnya menyerap ilmu dan berbagai kesulitan lainnya dikarenakan salah masuk jurusan.

Saya Cuma bisa tersenyum.

Sama, saya juga mengalami hal yang sama meski alasannya berbeda. Mungkin lebih parah.

Ada juga senior yang cerita kesulitan membuat program untuk Kerja Praktik karena merasa salah masuk jurusan. Dan bahkan ada kakak tingkat yang sudah mau masuk semester akhir, tapi masih belum paham cara membuat program. Alasannya pun sama, karena salah jurusan.

Mendengar banyak cerita itu mungkin salah satu motivasi saya untuk mengubah kebiasaan dan mulai fokus belajar. Memanfaatkan waktu untuk memperbaiki diri.

Lalu, bagaimana supaya jago membuat program? Atau, setidaknya bisa membuat program?

Mungkin hal pertama yang bisa dilakukan itu mencoba. Seringkali kita tidak bisa melakukan sesuatu itu karena takut mencoba ataupun berfikir tidak bisa melakukan hal tersebut. Sebetulnya jika dilihat dari saya yang sebagai orang yang kebetulan masuk dunia IT, ini bukan masalah bisa atau pun ngga bisa, ini masalah keinginan. Kalau sudah ada keinginan untuk melakukan sesuatu (bukan hanya dunia IT), biasanya jalan terbuka dengan sendirinya. Semakin banyak mencoba, semakin banyak hal yang kamu ketahui. Semakin banyak mencoba, semakin membuatmu bertambah baik.

Dan hal yang paling penting itu adalah berdoa. Saat melakukan sesuatu, kadang kita lupa bedoa. Dan dapat terasa berbagai kesulitan hanya karena lupa bedoa. Ilmu itu datangnya dari Allah, mintalah kepada sang pemilik ilmu supaya dimudahkan dalam menuntut ilmu. Berdoalah sebelum menuntut ilmu supaya dibukakan pintu ilmu.

Karena itu, merasa salah jurusan ataupun tidak. Ilmu tetaplah ilmu. Apabila dipelajari dengan tekun dan bersungguh-sungguh, insya Allah, akan ada hasilnya. Pun dapat bermanfaat untuk sekitar.

Gun Gun Priatna
Software Engineer, Content Writer and Founder qadrlabs.com
Related Article
Komentar

blog comments powered by Disqus