Operasi penjumlahan pada tanggal ini saya gunakan ketika saya membuat aplikasi perpustakaan. Biasanya untuk meminjam buku di perpustakaan, kita harus menyerahkan terlebih dahulu kartu anggota perpustakaan dan buku yang akan dipinjam. Setelah itu biasanya pustakawan akan mencatat tanggal pengembalian buku. Umumnya buku dapat kita pinjam selama satu minggu dan pustakawan cukup melihat kalendar untuk menentukan tanggal pengembalian. Dari alur peminjaman buku inilah muncul pertanyaan, bagaimana caranya menentukan tanggal pengembalian buku menggunakan PHP?

Berdasarkan pertanyaan random tersebut pada postingan kali ini kita akan coba belajar hal yang benar-benar dasar, yaitu belajar membuat program sederhana untuk menentukan tanggal pengembalian buku. Di sini kita tidak langsung coding memakai bahasa pemrograman, tetapi kita akan belajar bagaimana menuliskan solusinya terlebih dahulu. Setelah kita buat solusinya, baru kita coba implementasikan atau coding dalam bahasa pemrograman PHP.

Overview

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sekarang kita akan coba membuat program sederhana untuk menentukan tanggal pengembalian buku menggunakan PHP. Di sini kita coba untuk menuliskan algoritmanya terlebih dahulu. Setelah itu kita implementasikan algoritma untuk menentukan tanggal pengembalian di bahasa pemrograman PHP.

Sebagai contoh untuk studi kasus penjumlahan tanggal, kita akan menghitung tanggal pengembalian buku dengan aturan buku itu harus dikembalikan satu minggu dari sekarang. Setelah ketemu tanggal pengembalian, output dari program ini adalah menampilkan tanggal pengembalian buku.

Step 1 - Menuliskan Algoritma untuk menentukan tanggal pengembalian

Pada tahapan ini tita coba jabarkan algoritma untuk menentukan tanggal pengembalian. Kita coba tuliskan dulu sebelum kita implementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Misalkan tanggal hari ini adalah 19 Februari 2016, maka algoritma untuk menentukan tanggal pengembaliannya adalah:

START

tanggal hari ini <- "19 feb 2016"
tanggal pengembalian <- tanggal hari ini + 7 hari
cetak tanggal pengembalian

END

Kurang lebih seperti itu penulisan untuk algoritmanya. Seperti yang terlihat, kita menggunakan operasi penjumlahan pada tanggal untuk menentukan tanggal pengembalian. Nah sekarang kita coba implementasikan menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Step 2 - Implementasi menggunakan PHP

Pertama kita buat file penjumlahan_tanggal.php, lalu ketik sintaks berikut ini:

 <?php  
  $todayDate = "19 feb 2016"; //pendefinisian tanggal awal  
  $returnDate = date('d-m-Y',strtotime('+7 day',strtotime($todayDate))); //operasi penjumlahan tanggal sebanyak 7 hari  
  echo $returnDate; //cetak tanggal pengembalian
  ?>  

Pada baris kode di atas, kita coba pakai operasi penjumlahan tanggal dengan menggunakan function strtotime(). Kita tulis jumlah hari pada parameter pertama, di parameter kedua kita isi dengan tanggal hari ini.

Save file penjumlahan_tanggal.php.

Step 3 - Uji Coba Program

Pada tahapan ini kita akan coba uji program operasi penjumlahan tanggal untuk menentukan tanggal pengembalian buku. Buka browser, lalu kita coba run programnya tersebut di browser. Maka akan muncul tanggal seminggu dari sekarang.

run program - Operasi Penjumlahan Tanggal Menggunakan PHP

Ya outputnya sesuai dengan spesifikasi program yang sudah kita tuliskan.

Sekarang kita coba bereksperimen.

Kita coba buka lagi file penjumlahan_tanggal.php. Setelah itu kita cek di file PHP yang kita buat, terdapat kode +7 day.

cek file- Operasi Penjumlahan Tanggal Menggunakan PHP

Sekarang kita coba modifikasi menjadi +1 week.

 <?php  
  $todayDate = "19 feb 2016"; //pendefinisian tanggal awal  
  $returnDate = date('d-m-Y',strtotime('+1 week',strtotime($todayDate))); //operasi penjumlahan tanggal sebanyak 7 hari  
  echo $returnDate; //cetak tanggal  
  ?>  

Save kembali file penjumlahan_tanggal.php. Selanjutnya kita coba lagi run di browser. Daaan ternyata hasilnya sama.

run program - Operasi Penjumlahan Tanggal Menggunakan PHP

Karena pada dasarnya masih sama-sama tujuh hari, jadi output programnya pun sama. . . .

Penutup

Di dalam programming, ketika aplikasi yang kita buat itu berhubungan dengan tanggal, kadang kita tidak hanya menampilkan tanggalnya saja. Adakalanya kita harus melakukan operasi penjumlahan tanggal, seperti pada studi kasus untuk menentukan tanggal pengembalian buku. Pada tutorial ini kita sudah belajar bagaimana menuliskan solusi untuk masalah tersebut, tidak hanya langsung koding, tetapi kita coba tuliskan algoritmanya terlebih dahulu, setelah itu kita coba implementasikan ke dalam bahasa pemrograman PHP.

php
Gun Gun Priatna
Software Engineer, Content Writer and Founder qadrlabs.com
Komentar

blog comments powered by Disqus