Masalah utama yang sering kali dihadapi oleh seseorang saat ingin mulai membuat program adalah tentang ide. Di mulai dari hal paling sederhana saat ingin melatih skill coding kita, saat ingin membuat program untuk skripsi atau bahkan saat ingin membangun sebuah startup. Kebanyakan keinginan ini menjadi menurun hanya karena masalah ide. Padahal ide ini bisa dicari dan bahkan bisa diupayakan. Bagaimana caranya? Check these tips out, ya!

[1] Membaca

Bagi saya, membaca itu selalu menjadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan di mana saja. That’s why saya selalu mengisi tas saya dengan buku bacaan, kemana pun saya pergi. Membaca itu membuka dan menambah luas ruang berpikir kita. Bahkan saat program yang dibuat oleh programmer terdapat error dan bug, hampir semua kasus seperti itu dapat diselesaikan hanya dengan membaca, lho! Oleh karena itulah, membaca itu bisa kita jadikan sebagai cara untuk menstimulasi ide. Apalagi di masa kini, di mana kita bisa mengakses informasi dengan mudah. Mau jadi programmer tapi malas baca? Apa kata dunia? Hehehehe!

[2] Banyak Mendengarkan

Seringkali kita kesulitan mendapatkan ide karena kita hanya memandang sesuatu itu hanya dari sudut pandang kita saja. Fokus pada satu sudut pandang, tanpa membuka sudut pandang yang lain. Karena hal ini pemikiran kita menjadi sempit. Padahal, ide yang keren itu tidak pernah lahir dari pemikiran yang sempit dan malas untuk membuka sudut pandang yang lain. So, banyak-banyaklah berdiskusi dan mendengarkan karena dari sana kamu akan mendapatkan pemikiran, ilmu baru, sudut pandang, inspirasi dan banyak hal baru yang tidak pernah kamu terpikirkan olehmu sebelumnya.

[3] Googling

Ya, ini adalah andalan para programmer yang menemui jalan buntu. Karena sering googling, biasanya programmer menemukan tombol rahasia untuk membuka pintu rahasia di jalan buntu itu. Selain digunakan untuk memecahkan masalah, di google ini banyak ide yang bertebaran, you just need the right keyword! J

[4] Menonton Film

Film berisi cerita dan imajinasi dari si pembuat film yang digambarkan melalui visual. Dengan menonton film kita bisa menemukan banyak hal, apalagi di genre science fiction kita bisa menemukan banyak hal dan membuka ruang imajinasi kita. Banyak ide yang bisa kita dapat setelah menonton film, membuat AI kaya di film Iron Man misalnya. Atau buat Armor Iron Man sekalian. :D

[5] Perhatikan Sekitar

Ide sebenarnya tidak pernah jauh dari sekitarmu. Hal yang perlu kamu lakukan adalah memperhatikan hal kecil di sekitar kita. Melihat segala hal lebih dekat dan memikirkannya lebih dalam. Hal menarik dan bisa diubah menjadi program di sekitar kamu itu banyak banget sebenarnya. Kamunya aja yang kurang peka. Hihi.

[6] Just Coding!

Yup. Hal yang bisa dilakukan untuk menemukan ide dapat dilakukan juga dengan memaksakan diri untuk coding, meski mungkin saat menuliskan sintaks – sintaks kita memang benar – benar sedang ‘miskin ide’. Seiring dengan proses coding itu sendiri, ide biasanya bermunculan dengan sendirinya. Bahkan saat menuliskan ‘echo hello world’ pun ide bisa bermunculan. So, memulai coding ya dilakukan dengan coding, bukan hanya membayangkan kamu akan memulai coding.

Gimana, udah kebayang kan gimana caranya untuk bisa dapat ide? Tidak selamanya ide itu datang sendiri. Sebagian besar ide harus kamu cari dan upayakan. Semangat berkarya! :D

Gun Gun Priatna
Software Engineer, Content Writer and Founder qadrlabs.com
Komentar

blog comments powered by Disqus