Selamat yaaa, kamu sudah bisa bikin class di postingan sebelumnya! Nah, sekarang kita bisa menambahkan beberapa property ke dalam class kita. Masih ingat apa itu property? Ya, kamu benar kawan... Property itu kumpulan data yang terikat dengan sebuah objek. Kamu bisa bayangin kalau objek itu sekumpulan informasi dan action yang akan dikerjakan.

Sekarang coba kamu perhatiin kode dibawah ini ya...

 class Buah {  
  public $hitung = 3;  
  public $jenis;  
 }  
 $apel = new Fruit();  
 $apel->jenis = "apel";  
 echo $apel->hitung; // 3  
 echo $apel->jenis; // apel  

Di contoh di atas, pertama kita membuat class baru yaitu class Buah. Lalu, kita tambahin sebuah property, $hitung, dan set valuenya menjadi 3. Abis itu, kita tambahin satu property lagi, $jenis, tapi di dalamnya belum kita isi valuenya.

Setelah pendefinisian class, kita buat sebuah instance baru dari class Buah dan kita simpan di variabel $apel. Nah, di sini kita isi property $jenis sama string "apel". Finally, kita cetak dua property dari $apel.

Nah, sekarang kita coba coding lagi yuk!^^ Kita coba lanjutin class Orang dari postingan sebelumnya. Let's try this out ya! :D

Pertama kita tambahin $isAlive property ke dalam class Orang dan masukin value true ke dalam property $isAlive, sama kaya property $hitung di contoh di atas.

Selanjutnya kita tambahin lagi property class Orang. Tiga aja cukup kayanya. Kita tambahin $firstname, $lastname dan $age. Jangan dulu kasih value ya, kaya property $jenis di contoh di atas.

Terakhir kita coba cetak value property $isAlive dari objek $guru. Sebagai catatan untuk menampilkan property itu ga pake $ sebelum nama propertynya setelah tanda ->. Di bawah ini full source codenya:

 <!DOCTYPE html>  
 <html>  
   <head>  
    <title> Membuat Kelas Orang </title>  
    <style>  
         p {  
       color: grey;  
       font-size: 20px;  
     }  
    </style>  
   </head>  
      <body>  
    <p>  
           <?php  
                class Orang{  
                     public $isAlive = true;  
                     public $firstname;  
                     public $lastname;  
                     public $age;  
                }  
                $Guru = new Orang();  
                $Siswa = new Orang();  
                echo $Guru->isAlive; //tampil 1  
           ?>  
     </p>  
   </body>  
 </html>  

Kalau kita coba run di browser, kira - kira apa ya yang bakalan muncul? Iya, kamu benar.. muncul angka 1 aja. ^^ Selamat mencoba! Semangat terus yaaa! ^^

Gun Gun Priatna
Software Engineer, Content Writer and Founder qadrlabs.com
Komentar

blog comments powered by Disqus