Kawan, di postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang istilah teknik yang ada di OOP! Nah, sekarang ayo kita mulai coding. Kita akan bikin class Orang. :D

Buat bikin sebuah class di dalam PHP, ada bentuk penulisan dasar sintaksnya lho! Nah, bentuk penulisan sintaksnya itu kaya gini:


 class Classname {  
 }  

Class di dalam sintaks di atas itu artinya kamu lagi buat class yang baru. Penulisan sintaks nya mirip kaya penulisan sintaks function ya! ^^ Nah abis bikin class kita bisa buat instances baru dari class ini pakai sintaks di bawah ini:

 $objek1 = new Classname();  

Sintaks di atas itu artinya kamu lagi bikin objek yang baru lho! Nantinya kita bisa nambahin argumen sebagai sebuah property ke dalam objek yang baru kita buat. Tenang nanti kita akan bahas juga lho! Untuk sekarang kita ga perlu nambahin argumen dulu, soalnya kita belum nambahin property di dalam class yang kita buat. Nah buat sekarang, kita coba buat class yang baru, kita kasih nama class Orang. Terus kita buat dua instance dari class Orang yang kita buat. Ingat, buat sekarang kita ga perlu nambahin argumen ke dalam objek yang kita buat. :)

Berikut ini sintaks codenya:


 <!DOCTYPE html>  
 <html>  
      <head>  
       <title>Membuat Kelas Orang</title>  
      </head>  
      <body>  
    <p>  
     <?php  
                class Orang{  
                }  
                $Guru = new Orang();  
                $Siswa = new Orang();  
           ?>  
    </p>  
   </body>  
 </html>  

Selamaaaaat~, kamu berhasil membuat class pertamamu! :)


Di postingan berikutnya, kita akan coba menambahkan property.. ^^

Gun Gun Priatna
Software Engineer, Content Writer and Founder qadrlabs.com
Komentar

blog comments powered by Disqus